Nomor Sudah Terdaftar Atas Nama Pengguna Lain DANA? Cara Atasi!
Nomor Sudah Terdaftar Atas Nama Pengguna Lain DANA? ini Cara Mengatasinya – Aplikasi DANA telah menjadi salah satu aplikasi pembayaran digital terkemuka di Indonesia. Didirikan pada tahun 2018, DANA memberikan solusi praktis bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat.
Melalui DANA, pengguna dapat melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran tagihan, transfer uang, pembelian pulsa, dan berbelanja online. Dengan fitur yang mudah digunakan, keamanan yang terjamin, dan fleksibilitas dalam melakukan transaksi, DANA telah membawa revolusi dalam dunia pembayaran digital di Indonesia.
Bagi pengguna yang ingin menggunakan aplikasi dana tentu perlu mendaftar terlebih dahulu. Hanya saja ada beberapa kasus saat mendaftar DANA yaitu nomor sudah terdaftar atas nama pengguna lain. Nah tentu dengan permasalahan ini kita mungkin tidak bisa mendaftar lagi.
Nah bagi anda yang ingin tahu cara mengatasi nomor sudah terdaftar atas nama pengguna lain di DANA langsung simak pembahasannya.
Cara Membuat Akun Dana
Namun, sebelum dapat menikmati berbagai layanan tersebut, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat akun DANA. Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang sederhana namun penting:
- Pastikan memiliki koneksi internet yang stabil untuk memastikan proses pendaftaran berjalan lancar.
- Unduh aplikasi DANA dari App Store atau Play Store dan lakukan instalasi pada smartphone atau tablet yang digunakan.
- Setelah aplikasi DANA terpasang, buka aplikasinya dan mulai proses pendaftaran.
- Masukkan nomor telepon yang aktif dan tunggu hingga menerima SMS berisi kode OTP (One-Time Password).
- Masukkan kode OTP yang diterima untuk memverifikasi nomor telepon.
- Selanjutnya, masukkan nama lengkap sesuai dengan yang tertera di KTP.
- Buatlah PIN enam digit sebagai langkah keamanan untuk akun DANA.
- Ulangi kembali PIN yang telah dibuat untuk konfirmasi.
- Terakhir, ikuti langkah-langkah terakhir yang disediakan dalam aplikasi untuk menyelesaikan proses pembuatan akun.
Proses tersebut relatif mudah, namun ada beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan sesuai dengan kebijakan DANA, antara lain:
- Satu nomor telepon hanya dapat digunakan untuk satu akun DANA.
- Limit saldo pada akun DANA non-premium atau yang belum terverifikasi adalah Rp2 juta, sementara DANA Premium memiliki limit saldo hingga Rp20 juta.
- DANA berhak membatalkan permintaan transaksi jika sistem mendeteksi adanya transaksi yang mencurigakan.
Cara Upgrade ke DANA Premium
Untuk menikmati fitur terbaik dari aplikasi dana, tentu anda perlu mengupgrade ke akun premium. Di versi akun ini pengguna bisa merasakan fitur limit saldo lebih besar, bisa transfer uang ke rekening dan lain-lain.
Nah untuk mendapatkan fitur tersebut, Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar DANA Premium:
- Buka aplikasi DANA di perangkatmu dan masuk ke akun yang sudah terdaftar.
- Di halaman utama, temukan ikon “Saya” yang terletak di pojok kanan bawah layar dan tap untuk masuk ke halaman profil.
- Pada halaman profil, cari dan pilih opsi “Verifikasi Akun Anda”.
- Aplikasi akan mengarahkanmu ke halaman yang menjelaskan kelebihan-kelebihan menggunakan DANA Premium. Tanpa ragu, pilih opsi “Daftar Sekarang”.
- Persiapkan e-KTP milikmu untuk proses verifikasi selanjutnya.
- Ambil foto e-KTP dengan hati-hati, pastikan seluruh dokumen masuk ke dalam bingkai yang disediakan. Pastikan juga semua informasi yang terdapat di e-KTP terbaca dengan jelas.
- Setelah mengambil foto e-KTP, pilih “Lanjut” untuk melanjutkan ke proses verifikasi berikutnya.
- Selanjutnya, ambil swafoto (selfie) dan pastikan wajahmu terdapat di dalam bingkai oval yang tersedia. Untuk memastikan proses verifikasi berhasil, pastikan kamu mengambil swafoto di tempat dengan pencahayaan yang cukup.
- Setelah itu, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nama sesuai dengan e-KTP.
- Sebelum menekan tombol “Kirim”, pastikan semua data diri yang dimasukkan sudah benar dan sesuai.
- Setelah mengirimkan data, tunggu proses upload dan verifikasi oleh tim DANA selesai. Dalam beberapa kasus, tim DANA mungkin tidak dapat menyetujui pengajuan upgrade ke DANA Premium.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu telah melakukan pendaftaran DANA Premium dan sekarang dapat menikmati kelebihan-kelebihan yang ditawarkan. Namun, perlu diingat bahwa persetujuan upgrade DANA Premium tidak dijamin dan dapat bergantung pada kebijakan dan penilaian tim DANA.
Cara Mengatasi Nomor Sudah Terdaftar Atas Nama Pengguna Lain DANA
Setelah mengetahui proses pendaftaran di aplikasi dana, terkadang ada beberapa kendala yang di alami pengguna. Salah satunya adalah ketika nomor kita sudah terdaftar atas nama pengguna lain.
Berikut ini beberapa cara mengatasinya:
1. Mengganti Nomor Dana
Jika anda mengalami masalah ini, cara termudah mengatasinya adalah dengan mengganti telepon baru. Biasanya nomor telepon pengguna yang sudah di blokir, akan di perbaharui ulang menjadi nomor baru.
Jika anda kebetulan anda mendaftarkan nomor seperti provider telkomsel, axis atau XL terkadang nomornya bekas orang lain yang sudah tidak digunakan. Oleh sebab itu kemungkinan nomor tersebut telah di daftarkan ke DANA sehingga muncul nama orang lain ketika daftar.
Nah cara sederhananya, silahkan gunakan nomor baru untuk mendaftar di aplikasi dana. Pastikan anda daftar sesuai nama yang tertera di KTP agar proses verifikasi berjalan dengan mudah.
2. Login Di Aplikasi Dana
Ada dua kemungkinan versi akun DANA ketika nomor sudah terdaftar atas nama pengguna lain. Jika versi akun dana sudah premium maka akan sulit login karena bisa saja perlu verifikasi wajah terlebih dahulu.
Namun jika akun dana belum di upgrade premium, bisa saja anda melanjutkan login menggunakan kode OTP. Jika anda tidak tahu PIN nya maka bisa menggunakan fitur lupa pin.
Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka Aplikasi DANA dan Klik “Lupa PIN”
Langkah pertama adalah membuka aplikasi DANA pada perangkat Anda. Pada halaman login, Anda akan menemukan opsi “Lupa PIN”. Klik opsi tersebut untuk melanjutkan proses pemulihan.
2. Verifikasi Akun Anda
Setelah memilih “Lupa PIN” Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi akun. Untuk melakukan verifikasi, masukkan 4 digit kode yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang terdaftar pada akun DANA Anda.
3. Buat PIN Baru Anda Setelah berhasil melewati tahap verifikasi
Anda dapat memasukkan PIN baru untuk menggantikan PIN yang lupa.
Namun jika akun mengaktifkan fitur pertanyaan keamanan, maka akan cukup sulit ganti PIN. Karena, jika Anda salah menjawab pertanyaan tiga kali berturut-turut, Anda akan diarahkan untuk menghubungi Customer Service DANA.
Namun Jika Akun tidak mengaktifkan fitur “Pertanyaan Keamanan”, Anda dapat langsung memasukkan PIN baru.
Pastikan Anda memasukkan PIN baru yang mudah diingat namun sulit ditebak oleh orang lain. Setelah itu, ulangi memasukkan PIN baru untuk konfirmasi.
Baca Juga: Saldo DANA Berkurang Sendiri? Penyebab & Cara Mengatasi!
Akhir Kata
Demikian pembahasan Nomor Sudah Terdaftar Atas Nama Pengguna Lain DANA? Cara Atasi! yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat mengatasi masalah anda. Jangan lupa bagikan informasi ini ke teman sobat agar mendapatkan solusinya.