Trending

5 Fakta Menarik Khazad dûm Dalam The Lord of the Rings The Rings of Power

Haloo.id – Khazad dûm Dalam The Lord of the Rings: The Rings of Power memenuhi hampir semua harapan para penggemar J.R.R. Tolkien memiliki adaptasi, tetapi hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang film The Hobbit. Mengubah cerita anak-anak sederhana menjadi trilogi epik yang dikemas dengan subplot yang tidak perlu sangat mengecewakan bagi mereka yang mencari adaptasi yang lebih lugas. Di antara masalah dengan film The Hobbit adalah bahwa masing-masing Dwarf tidak dapat digambarkan dengan baik sebagai karakter. Di luar Thorin Oakenshield, sulit untuk membedakan satu Dwarf dari yang lain.

Seri prekuel Amazon Prime The Lord of the Rings: The Rings of Power memiliki potensi untuk meningkatkan pendahulunya dengan memperluas peran Kurcaci. Sementara hierarki Elf adalah komponen utama dari trilogi The Lord of the Rings, kami tidak melihat banyak Kurcaci di luar Gimli. The Rings of Power melihat peran Kurcaci dalam pertempuran pertama melawan Sauron. Para Kurcaci dengan enggan setuju untuk bergabung dengan pasukan manusia dan Peri untuk berperang melawan sumber utama kejahatan di Middle Earth.

dan kali ini kita akan membahas 5 Fakta Menarik Khazad dûm Dalam The Lord of the Rings: The Rings of Power.

5 Fakta Menarik Khazad dûm Dalam The Lord of the Rings: The Rings of Power

1. Khazad dûm Kerajaan lendaris bangsa kurcaci

The Rings of Power menampilkan satu lokasi yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para penggemar film Jackson. Kerajaan bawah tanah Khazad dûm disebut dalam The Lord of the Rings dan The Hobbit dengan nama umumnya, Moria. Dalam The Fellowship of the Ring sudah di gambarkan sebagai tambag dan reruntuhan tua, The Rings of Power menunjukkan masa kejayaan kerajaan Dwarf pada puncaknya dengan menunjukkan tanah air bersejarah Kurcaci dalam masa kejayaanya.

Dalam buku sejarah Middle Earth yang ekstensif The Silmarillion, Tolkien menjelaskan bagaimana Khazad dûm didirikan oleh pemimpin Dwarf kuno Durin selama “Tahun Pohon,” era sebelum manusia memasuki dunia. Khazad dûm dibuat di dalam serangkaian gua dan katakombe di luar Pegunungan Berkabut. Sisa-sisa kreasi asli Durin bisa dilihat saat Frodo Baggins dan kawan-kawan memasuki tambang di The Fellowship of the Ring. “Durin the Deathless” memulai dinasti penguasa Dwarf di Khazad dûm yang akan memimpin kerajaan menjadi terkenal.

2. Tambang Logam Berharga Mithril

Selain emas tentunya ada sesuatu yang berharga dalam tambang moria, yaitu sebuah Mithril sebuah logam yang berkilau seperti bintang, lebih kuat dari logam manapun dan ringan seperti bulu, salah satunya adalah baju pelindung terbuat dari mithril yang diberikan Thorin kepada Bilbo Bagins dalam The Hobbit dan di berikan kepada frodo, bahkan kekuatan Mithril terbukti ketika Frodo berada di Moria dia tikam oleh tombak troll dan dia tidak mengalami luka sedikitpun,

dan akibat tambang mirthil yang dijaga oleh balrog membuat harga Mithril tidak ternilai bahkan baju pelindung yang di kenakan bilbo dan frodo harga nya melebihi seluruh dataran Shire beserta isi nya.

selain itu dalam buku nya Mithril juga menjadi material pembuatan tiga cincin sakti untuk Elf, salah satunya dipakai oleh Galadriel.

3. Persahabatan Elf dan Dwarf

gate
5 Fakta Menarik Khazad dûm Dalam The Lord of the Rings The Rings of Power

Dalam The Lord of the Rings: The Rings of Power kita di perlihatkan persahabatan antara Elf dan Dwarf terutama persahabatan Elrond dan Pangeran Durin IV. Sebagai hasil dari aliansi dengan Celebrimbor dan Peri dari Eregion, Khazad dûm meningkatkan fitur keamanannya dengan membangun beberapa struktur pertahanan, termasuk jembatan yang terlihat di The Fellowship of the Ring. Penambahan ini segera menjadi perlu. Di Zaman Kedua, pasukan Sauron berusaha memusnahkan Peri yang selamat dari kehancuran Eregion. Para Kurcaci datang untuk membela sekutu mereka, memimpin Sauron untuk mengirim pasukannya ke Khazad dûm.

The Rings of Power terjadi selama konflik kritis ini. Khazad dûm diperintah oleh keturunan Durin, Raja Durin III dan putranya, Pangeran Durin IV. Durin III adalah salah satu dari tujuh bangsawan Kurcaci yang awalnya dikaruniai Cincin Kekuatan. Durin III menerima Cincin Thrór, yang dia wariskan kepada keturunan langsungnya

4. Kejatuhan Khazad dûm

balrog
5 Fakta Menarik Khazad dûm Dalam The Lord of the Rings The Rings of Power

Setelah perang melawan sauron berakhir, para Kurcaci Khazad-dûm bertemu lawan dan bencana terbesar mereka. Setelah menambang terlalu jauh di dalam tanah untuk mendapatkan Mithril, para Kurcaci membangunkan tak sengaja monster kuno yang dikenal sebagai “Ballrog.” Balrog adalah salah satu monster asli yang diciptakan oleh penguasa kegelapan Morgoth, pendahulu Sauron dan sama seperti sauron dia merupakan pelayan Morgoth. Balrog hampir menghancurkan kota, dan Kurcaci yang melarikan diri menamainya “Moria”.

Dan kurcaci yang melarikandiri akhirnya terpisah pisah sampai akhinya mereka menemukan salah satu rumah baru dan masa jaya yang baru yaitu Erebor yang ada dalam Trilogi film The Hobbit.

5. Moria Menjadi tempat perebutan antara Dwarf dan Orc

Moria selalu menjadi tempat perebutan bagi para kurcaci mereka ingin mengambil kembali tanah air mereka, sedangkan bagi Sauron dan pasukan orc moria menjadi benteng pertahanan pasukan Sauron ketika goblin, troll gua, dan Orc datang untuk menghuninya. Setelah ribuan tahun Khazad-dûm hancur karena tanah air baru bangsa kurcaci Erebor diserang ketika naga Smaug mengambil harta mereka. Sekali lagi, para Kurcaci terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Dalam urutan kilas balik di The Hobbit: An Unexpected Journey, para Dwarf yang selamat dari serangan Smaug melarikan diri ke kota Azanulbizar di luar gerbang Moria. Selama pertempuran inilah Azog Orc putih membunuh Raja Dwarf Erebor Thráin II, ayah Thorin. Keberanian Thorin dalam membela Dwarf lainnya dengan melawan Azog hanya dengan tameng sebuah potongan kayu Oak membuatnya mendapat julukan “Oakenshield”.

Lalu setelah masa kemenagan perebutan Erebor, karena thorin sudah tiada salah satu bawahan nya bererta pengikut nya yaitu Balin, berhasil menyerang dan menduduki moria kembali, namun sayangnya tidak bertahan lama setelah Dwarf yang Balin pimpin akhirnya di serang kembali oleh pasukan sauron.

Dalam The Fellowship of the Ring, Frodo dan rekan-rekannya terpaksa melarikan diri melalui “Tambang Moria” setelah mereka dialihkan. Di sinilah mereka menemukan buku Balin, anggota perusahaan Thorin yang terbunuh setelah merebut kembali kota Durin. Gandalf pada akhirnya mampu mengalahkan Balrog, tetapi tampaknya binasa, yang menyebabkan transformasinya menjadi “Gandalf the White.” Dalam lampiran Return of the King, Tolkien menyimpulkan bahwa para Dwarf akhirnya dapat kembali ke kota leluhur mereka setelah kekalahan Sauron.

The Rings of Power memiliki kesempatan untuk mengkarakterisasi Kurcaci dengan cara yang berbeda dari yang pernah kita lihat sebelumnya. Pada saat The Hobbit dan The Lord of the Rings, para Dwarf menjadi pahit karena harus terus-menerus mencari tempat tinggal. Melihat Khazad-dûm selama era ketika Kurcaci bisa bangga dengan warisan mereka diharapkan akan membawa franchise film dalam cahaya yang sama sekali baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button